Senin, 25 November 2013

PENGIDERAAN JAUH IDENDIFIKASI spektrum



IDENTIFIKASI BERDASARKAN SPEKTRUM



 
A.    Foto ultra violet

Keterangan  :

Foto ultra violet yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum ultra violet dekat dengan panjang gelombang 0,29 mikrometer.
Ciri-cirinya:
 tidak banyak informasi yang dapat disadap, tetapi untuk beberapa obyek dari foto ini mudah pengenalannya karena kontrasnya yang besar.
Fungsinya :
 Foto ini sangat baik untuk mendeteksi; tumpahan minyak di laut, membedakan atap logam yang tidak dicat, jaringan jalan aspal, batuan kapur.

Maksudnya foto ultraviolet  mengunakan spektrum yang dekat dengan panjang gelombang yang kita bisa mengetahui apa-apa ang terjadi dilaut kadar-kadar bersih atau tidak ya di lautan tercemar atau tidaknya apa-apa saja yang ada didaratan baik itu jalan maipun mineral yang ada didaerah tersebut baik itu batuan kapur pasir tanah yang ada di sekitarnya.
Berikiut gambar foto ultraviolet :



Spektrum UV
 












                              

                                             Gambar 1.) foto ultravio


B.     Foto ortokromatik
 
  Keterangan :

Foto ortokromatik yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum tampak dari saluran biru hingga sebagian hijau (0,4 – 0,56 mikrometer).
Ciri-cirinya : banyak obyek yang tampak jelas.
Fungsinya :
 -Foto ini bermanfaat untuk studi pantai karena filmnya peka terhadap obyek di bawah permukaan air hingga kedalaman kurang lebih 20 meter.
-Baik untuk survey vegetasi karena daun hijau tergambar dengan kontras.

Maksudnya Foto ortokromatik foto yang segaja di buat dengan spektrum tampak dari saluran biru hingga sebagian hijau yang dalam artian yang lebih dominan yang tampak lebih jelas hanya yang berwarna hijau dengan warna biru yang dimana warna hijau itu menujukan bahwa sebuah lingkungan tersebut banyak tumbuhan hijau sedangkan yang berwarna biru adalah lautan yang dimana dengan Foto ortokromatik kita bisa mengetahui kedalaman laut dan berapa panjang laut tersebut kita juga mengetahui aliran sungai yang lebih tampak lebih jelas.
Berikiut gambar Foto ortokromatik :




http://andimanwno.files.wordpress.com/2010/02/ortokromatik.jpg?w=300&h=245&h=245
 













                                       Gambar 2.) Foto ortokromatik



                                                C. Foto pankromatik


  Keterangan :

Foto pankromatik yaitu foto yang menggunakan seluruh spektrum tampak mata mulai dari warna merah hingga ungu. Kepekaan film hampir sama dengan kepekaan mata manusia.
Ciri-cirinya : pada warna obyek sama dengan kesamaan mata manusia.
Fungsinya :
Baik untuk mendeteksi pencemaran air, kerusakan banjir, penyebaran air tanah dan air permukaan.
Maksudnya Foto pankromatik ini mengunakan spektrum tampak mata mulai warna merah dan warna ungu yang dimna semua tampak lebih jelas dengan menggunakan Foto pankromatik ini seperti kita melihat dengan mata kita sendiri lamgsung dari ketinggi beberapa kaki dari permukaan tanah semua tampak terlihat jelas dari pemukiman penduduk, jalan –jalan tumbuhan dan sebagainya biasanya Foto pankromatik ini sering digunakan dalam indraja karena semua tampak lebih jelas dan kita mudah untuk menganalisa betuk permukaannya kita bisa langsung bisa mengetahui bentuk dan dengan cepat memperkirakan letaknya.
Berikiut gambar Foto pankromatik :




Spektrum Tampak
 













                                      Gambar 3.) Foto pankromatik

D. Foto infra merah asli

  Keterangan :

Foto infra merah asli (true infrared photo), yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum infra merah dekat hingga panjang gelombang 0,9 – 1,2 mikrometer yang dibuat secara khusus.
 Ciri-cirinya : dapat mencapai bagian dalam daun, sehingga rona pada foto infra merah tidak ditentukan warna daun tetapi oleh sifat jaringannya.
 Fungsinya :
Baik untuk mendeteksi berbagai jenis tanaman termasuk tanaman yang sehat atau yang sakit.
Maksunya Foto infra merah asli dibuat dengan spektrum infra mereh panjang gelombang mikrometer yang di buat secara khusus yang dimana dengan menggunkan Foto infra merah asli ini kita bisa mmengetahui semua tanaman yang berada di suatu wilayah tersebut yang sehat atau yang tidak sehat  yang terlihat dari jaringan yang tersebar bukan dari warnanya sebab dari itu pabila kita sudah mengetaui jaringan tanaman yang sehat atau pun yang tidak sehat lagi.

Berikiut gambar Foto infra merah asli :


Spektrum Inframerah Asli
 














                                   Gambar 4.) Foto infra merah asli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

statistik uji

PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PETA KONSESI PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN SAWIT DAN PELANGGARAN YANG TERJADI

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Kerusakan lingkungan, khususnya di Indonesia, telah terjadi pada berbagai tempat dan berb...